SMK Negeri 3 Merauke Buka Program Energi Terbarukan

SMK Negeri 3 Merauke Buka Program Energi Terbarukan

Saturday, 07 November 2009 09:00
Written by Administrator

JUBI --- Pemerintah Belanda berencana membuka program CASINDO (Capacity Development and Strengthening for Energy Policy Formulation and Implementation of Sustainable Energy Projects In Indonesia). Di Papua, SMK Negeri 3 Merauke terpilih mendapat program tersebut. 

Kepala SMK Negeri 3 Merauke, Marthen Rummar, mengatakan program CASINDO, merupakan program baru yang akan dimasukkan dalam kurikulum.
Program ini merupakan jawaban atas kebutuhan tenaga kerja dibidang energy alternatif yang selama ini sangat minim. 
“Program ini bernama program energi terbarukan. Di mana untuk SMK Negeri 3 akan mengkonsentrasikannya pada tenaga matahari dan angin,” kata Rummar kepada JUBI di Merauke (7/11).
Tujuan program CASINDO adalah mengembangkan struktur yang mandiri dan berkelanjutan pada tingkat nasional, regional dan lokal untuk membangun dan memperkuat pengetahuan dan memungkinkan setiap provinsi merumuskan kebijakan-kebijakan energi terbarukan dan efisiensi energy. Rencananya akan dibuka pada 2010/2011. 
“Ini mengutamakan putera-puteri yang tempat tinggalnya jauh dari fasilitas penerangan agar setelah lulus mereka dapat menerapkannya dilingkungan masing-masing.”
Untuk kesiapan pembukaan kurikulum, dilakukan workshop di Bandung yang melibatkan sejumlah Kepala SMK di lima provinsi. Berikutnya adalah penandatanganan MoU dan kursus bagi guru-guru SMK. (drie/Merauke)

Sumber : http://tabloidjubi.com


Comments