Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Energi‎ > ‎Energi Terbarukan - Renewable Energy‎ > ‎001. Geothermal‎ > ‎

Event-Event yang Berkaitan dengan Geothermal di Indonesia


SEMINAR IUGC 2010

posted Jan 26, 2011, 4:33 AM by Wildan Maulana   [ updated Jan 26, 2011, 4:35 AM ]


Deskripsi Acara 

Energi sangat penting untuk pembangunan sehingga permasalahannya perlu dipahami dan diselesaikan dengan baik oleh para ahli di bidangnya maupun anggota masyarakat lainnya. Saat ini, energi di Indonesia sangat bergantung kepada bahan bakar fosil. Namun ketergantungan kita kepada BBM (bahan bakar minyak) serta kepada impor minyak yang makin lama makin besar berakibat makin sulitnya energi lain berkembang. Saat ini pemerintah sedang mencari solusi energi alternatif selain BBM, misalnya gas dan Geothermal. Oleh karena itu, pada seminar IUGC 2011 kali ini, kami mengambil tema “Potensi dan Pengembangan Energi Geothermal Sebagai Solusi Atas Permasalahan Energi di Indonesia”

Acara seminar IUGC 2011 menyajikan dua sesi seminar serta diskusi yang akan menambah pengetahuan peserta mengenai kebijakan tentang penggunaan energi di Indonesia, dampak penggunaan energi fosil secara kontinu, keadaan dan perkembangan kegiatan eksplorasi di Indonesia, serta teknologi-teknologi yang terbaru dalam hal eksplorasi dan monitoring potensi energi Geothermal. Masing-masing sesi seminar akan disajikan oleh 3 pembicara dengan durasi 45 menit untuk setiap pembicaranya kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi selama kurang lebih 45 menit. Target peserta seminar ini adalah dari kalangan mahasiswa yang berada dalam kelompok keahlian di bidang energi (Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan) dari berbagai universitas di Indonesia maupun kalangan mahasiswa yang berkeinginan untuk berkecimpung di kegiatan industri migas nantinya.

Diharapkan dengan mengikuti seminar ini secara penuh, peserta dapat memahami kendala penggunaan energi fosil yang tidak ramah lingkungan, mengetahui keberadaan energi Geothermal di Indonesia sebagai energi terbarukan yang sangat potensial, serta mengetahui secara detail mengenai teknologi-teknologi di bidang eksplorasi dan monitoring Geothermal.

SESI 1

Topik : Cerita di Balik Layar Kegiatan Eksplorasi Geothermal di Indonesia.

Pembicara 1

Target Pembicara : Menteri ESDM, Anggota Komisi VII DPR RI.

Materi : Menyangkut segala tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan sebuah survey atau akuisisi pada daerah yang belum terjamah. Urusan birokrasi kepada pemerintah menjadi sorotan pada sesi ini, begitu juga mengenai menejemen eksplorasi itu sendiri dimana eksplorasi diharuskan dilakukan seefektif dan seefisien mungkin. Pada sesi ini juga dibahas sampai dimana peran pemerintah dalam penentuan kebijakan migas secara keseluruhan.


Pembicara 2

Target Pembicara : CEO dari Geothermal Company di Indonesia.

Materi : Mengenai kegiatan eksplorasi di Indonesia, meliputi keunggulan, keadaan, kendala yang ditemui pada kegiatan eksplorasi di Indonesia serta studi kasus pada proses eksplorasi yang dilakukan di Indonesia.


Pembicara 3

Target Pembicara : Praktisi Lingkungan, LSM yang bergerak di bidang Lingkungan Hidup.

Materi : Membahas potensi Geothermal sebagai salah satu energi ramah lingkungan, dampak-dampak yang dihasilkan oleh eksplorasi serta eksploitasi energi geothermal terhadap lingkungan dan perbandingannya dengan energi-energi lainnya.


SESI 2

Topik : Perbandingan Teknologi-Teknologi Yang Sedang Berkembang Dalam Kegiatan Eksplorasi Geothermal.

Pembicara 1

Target Pembicara : Tenaga ahli dalam bidang eksplorasi pada perusahaan Geothermal.

Materi : Menyangkut teknologi yang sedang berkembang atau sedang dikembangkan dalam kegiatan eksplorasi secara umum. Lebih lanjut akan dibahas mengenai pengaplikasiannya di dunia dan di Indonesia pada khususnya serta prospek ke depannya dalam kegiatan eksplorasi migas.


Pembicara 2

Target Pembicara : Pakar Dalam Teknologi Eksplorasi di bidang Seismik

Materi : Menyangkut teknologi yang sedang berkembang atau sedang dikembangkan dalam kegiatan eksplorasi khususnya dalam bidang seismik. Lebih lanjut akan dibahas mengenai pengaplikasiannya di dunia dan di Indonesia pada khususnya serta prospek ke depannya dalam kegiatan eksplorasi migas.

Pembicara 3

Target Pembicara : Pakar Dalam Teknologi Eksplorasi di bidang Non-Seismik.

Materi : Menyangkut teknologi yang sedang berkembang atau sedang dikembangkan dalam kegiatan eksplorasi khususnya dalam bidang non-seismik seperti metode gaya berat, geolistrik, atau magnetotelluric. Lebih lanjut akan dibahas mengenai pengaplikasiannya di dunia dan di Indonesia pada khususnya serta prospek ke depannya dalam kegiatan eksplorasi migas.


Sumber : Milis Mahasiswa Fisika UI



1-1 of 1