Hasil Karya Pegawai UM Masuk Nominasi Penghargaan Energi 2011

09 September 2011
oleh:humas


Dilatarbelakangi kebijakan pemerintah dalam upaya konservasi, diversifikasi, dan hemat energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan apresiasi kepada para pelaku di bidang energi berupa penganugerahan thropy. Penghargaan Energi.

Dasar hukum Penghargaan Energi ini adalah Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 04 Tahun 2011, yang baru disahkan 24 Februari 2011 lalu. Batas akhir pengusulan calon penerima penghargaan pada minggu ke-4 Juni 2011. Kompilasi data calon seleksi dan evaluasi administrasi pada minggu ke-4 Juli 2011, verifikasi lapangan dan kompilasi data pada minggu ke-2 Agustus 2011. Puncak penyerahan Penghargaan Energi rencananya akan dilakukan pada 28 September 2011, bertepatan dengan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang ke-66 di Istana Negara Jakarta.

Penghargaan Energi ini baru dilaksanakan untuk pertama kalinya oleh kementerian ESDM. Menurut salah satu tim teknis, Darsa Permana, Penghargaan Energi berbeda dengan penghargaan Padma Award yang pernah diberikan di tahun-tahun sebelumnya. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada unsur masyarakat, perusahaan, dan pemerintah daerah yang telah berhasil memfasilitasi kegiatan pengembangan masyarakat di sektor ESDM.

Sementara itu, Penghargaan Energi sendiri akan diberikan kepada unsur masyarakat, perusahaan, dan instansi pemerintah di tingkat Pusat dan Daerah. Kategori Unsur Masyarakat terdiri atas perseorangan dan kelompok, sementara kategori Perusahaan mencakup perusahaan nasional, daerah, dan asing. Secara umum, Penghargaan Energi akan diberikan kepada mereka yang melakukan kegiatan usaha pengembangan, penyediaan, dan pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi, diversifikasi, dan hemat energi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Badan Litbang ESDM menugaskan 3 orang anggota Tim Evaluasi dan Penilaian Konservasi dan Diversifikasi Energi Tahun 2011, untuk melakukan pendalaman sekaligus wawancara  langsung dengan Djajusman Hadi, S.Sos., M.AB dan Budiharto, S.Pd dari Universitas Negeri Malang (UM) yang telah terpilih sebagai salah satu calon Nominasi Penghargaan Energi 2011 untuk wakil Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Rabu, 7 September 2011 bertempat di Ruang Rapat Kepegawaian Gedung A2 lantai 3 UM.

Wawancara secara mendalam berlangsung selama 2 jam dimulai dari history temuan, talenta terhadap riset, kegigihan dan keuletan dalam melakukan inovasi, proses mempatenkan hingga mendapatkan Granted Paten, keterlibatan dengan Litbang, penerapan riset di lapangan, hingga aplikasi pada masyarakat dalam wujud dampak dan pendorong perubahan dari kegiatan/produk yang dihasilkan. Usai wawancara Tim Juri mengunjungi Rektorat UM untuk melihat prototype Kincir Air Kaki Angsa, dilanjutkan ke workshop atau bengkel produksi di Kebonagung Malang dan ke lokasi sungai di Kedungkandang Kabupaten Malang. (Humas)


Sumber : http://www.um.ac.id/news/2011/09/596/


Comments