Wah! Pemulung se-Indonesia Bentuk Koperasi

Wednesday, 04 May 2011 11:51 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BANTAR GEBANG - Koperasi Pemulung Indonesia, bulan Juli mendatang siap diresmikan, tepatnya saat hari Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2012. Rencananya peresmian koperasi pemulung Indonesia akan dihadiri oleh Menteri Koperasi, Syarief Hasan, serta Plt walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Koperasi Pemulung ini ditujukan sebagai wadah peningkatan kesejahteraan para pemulung di Indonesia. Anggota koperasi ini tidak berasal dari pemulung saja, namun juga dari pemerhati pemulung yang selama ini aktif mengurusi kesejahteraan pemulung.

"Saat ini, pendirian Koperasi Pemulung Indonesia masih dalam tahap proses sosialisasi kepada para pemulung di Indonesia," terang Lumban Toruan, Vice Managing Director PT. Godang Tua Jaya, Rabu (4/5). Saat ini, bahkan sudah ada sekitar 3.000-5.000 pemulung yang mendaftar sebagai anggota koperasi pemulung.

PT.Godang Tua Jaya sebagai pengelola TPST Bantar Gebang, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pemulung yang ada di TPST Bantar Gebang untuk membuat koperasi pemulung.

"Namun, penggodokan mengenai koperasi ini belum tuntas, kami belum menentukan besaran simpanan pokok dan simpanan wajib bagi para anggota koperasi," tambah Toruan kepada wartawan. Ditambahkan dia, bentuk usaha koperasi pemulung yang akan segera diresmikan bisa berupa koperasi simpan pinjam, logistik, maupun toko koperasi.

Untuk usaha toko koperasi, rencananya hanya akan menjual perlengkapan bagi pemulung, seperti keranjang, sepatu pemulung, senter, serta perlengkapan pemulung lainnya.


Comments