Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

Benih Melon Unggul (Melon Orange Meta dan Sunrise)

Dear all
Kami mulai menginformasikan satu persatu dari apa dan siapa yg ada dalam103 Innovations 2011, mudah mudahan akan menambah informasi dan khususnya prospect business bagi kita semua.
Begitu sulitnya kita di Indonesia yg makmur lohjinawi ini untuk mengembangkan BENIH dan bibit untuk pertanian , perkebunan , peternakan dan perikanan , Lebih banyak hasil import atau produksi negara lain yg kita pakai , atau aslinya dari Indonesia dan dikembangkan negara lain berhasil dan balik lagi ke Indonenesia, Banyak analis yg merangkai rangkai dan mengemukakan analisa nya , tetapi tetap saja tdk terlihat hasil nyatanya, Benih , bibit langka dipasaran , atau produsen luar malah membuat industri di Indonesia, atau benih diimport , gak percaya ??? lihat dan cek dilapangan , .
Memang ada juga produsen lokal dan juga hasil penelitian yg bagus 2 spt yg kami lampirkan , tetapi tidak akan terlihat , saking banyaknya produk import.
Produktivitas dan kwalitas adalah dua kutub yg selalu bertentangan , apalagi kalau ditambahkan faktor biaya, waaah jauuuh dari kemungkinan di aplikasi oleh masyarakat , dan faktor tingkat kepercayaan yg membuat apa yg telah dilakukan anak bangsa menjauh dari pengembangan maupun penggunaannya. Sulit dan susah untuk menganalisa , paling gampang menyalahkan pemerintah atau masyarakat yg tdk mau / bersedia memakai produk lokal. tetap saja rugi sendiri krn produknya tdk laku.
Masyarakat itu sangat sederhana dalam pemikirannya , yg penting tdk bikin susah dan gampang serta menguntungkan bagi mereka, ini lah yg perlu dicarikan jalan keluar nya, kalau semua dibebankan ke masyarakat ya tentu akan gagal total dlm penyebaran inovasi teknologi yg khususnya dalam agro bisnis.
Karya anak bangsa dalam pengembangan benih Melon , ini exotic Melon  , telah dihasilkan team peneliti yg telah mengeluarkan biaya tingg , waktu , tenaga, pemikiran dsbnya , dan berhasil menjadikan varietas baru Melon Indonesia , pekerjaan lebih berat adalah , hasil penemuan tsb apakah dapat menguntungkan para petani dan pebisnis yg terkait ?? , perlu di pikirkan , pertanyaan awam yaitu kenapa musti pakai ijin edar dsbnya ?? dan mahal , apakah ini penghambatan karya anak bangsa ?? sulit utk dapat jawaban yg pas,  - BizInov

untuk benih Melon dapat menghubungi
pk Hendra , Nesya
dit_rks@ipb.ac.id 
IPB Dit. RKS IPB, Gd. A.H Nasoetion Lt. 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680 0251-8624512

Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika
Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Pajajaran
Bpk Sobir 
sobir@ipb.ac.id


Comments