Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

Gambir Peluruh Karat

Dear all
Kembali lagi , dinyatakan bahwa tanaman di Indonesia itu bermacam jenis dan bermanfaat bagi masyarakat luas , tentunya penelitian dan percobaan bertahun tahun diperlukan.
Ketekunan , kesabaran , semangat dan kepandaian serta waktu dan dana yg menjadikan sesuatu berhasil , inovasi teknologi dalam pemanfaat tumbuhan di Indonesia sangat diperlukan agar nilai tambah dari bahan baku menjadi lebih.
Gambir yang biasa dipakai oleh nenek kita untuk menjaga gigi dan kesehatan mulut ( nginang ) , ternyata ditangan para ahli dapat menjadi bahan baku yg bernilai tinggi.
Tentunya diperlukan budi daya pohon gambir agar supply materialnya mencukupi , sedangkan di Indonesia yg terjadi adalah selalu ketimpangan yg membelit pengembangan industri.
Setiap pengusaha selalu menanyakan " bahan bakunya apakah tersedia " , dan jawaban setiap orangpun bilang ada, naaah mangkrak lah industri yg telah dibangun , banyak contoh dimana apabila industri ditanya , kenapa kok pabriknya tdk jalan ?? , jawaban nya kurang bahan baku nya, naah kenapa bikin pabrik kalau bahan baku tdk ada ? , biasanya alasan lain nyambung lagi. 
Perlu dipertimbangkan dan direncanakan dengan baik , agar industri kita yg berbasis teknologi dan bahan baku lokal dapat berjalan dengan baik.
Manfaat gambir sudah dikenal untuk bahan baku , segala macam industri , dan dicari pihak indutri luar negeri , sayangnya masih berbentuk bahan mentah yg nilainya jauh dari nilai ekonomis.
Salah satu karya anak bangsa , gambir di extract dan diformulasikan menjadi bahan anti karat , yang tdk perlu import lagi , seandainya inovasi teknologi ini  dapat di produksi oleh pebisnis kita.

Sumber : Milis BizInov


Comments