Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

Kampas Rem Serat Pulp untuk Kendaraan Bermotor Roda Dua

Dear all
Pulp adalah bahan baku untuk kertas, sedangkan Pulp dinamakan dari bubur kayu alias kayu yg di blender 
Kayu sebagai bahan baku kertas makin jarang , sehingga semua jenis kayu digiling untuk menjadikan produk kertas dan sangat dibutuhkan kita.
20 th lalu hampir 90 % bahan baku kertas/pulp terbuat dari kayu pinus, tetapi mesin mesin dg kapasitas besar menggiling kayu pinus tsb yg lebih cepat dari waktu tumbuhnya kayu , seandainya dilakukan replantation nya. apalagi kayu pinus sangat baik untuk interior dan furniture yg mempunyai nilai tambah lebih tinggi dari pulp , jadi makin susah untuk dapatkan pinus. Akhir 2 ini hampir semua jenis kayu , seperti jinjing , acasia, pinus dsbnya digiling untuk bahan baku kertas, dan Indonesia adalah produsen pulp terbesar dunia, yg mesin terpasangnya hanya bekerja 50 % dari kapasitasnya krn kesulitan bahan baku.
Pengganti kertas sebagai pembungkus adalah plastik yg tdk ramah lingkungan dan kemudian timbullah inovasi teknologi dengan plastik yg ramah lingkungan dari ketela pohon , terus bergulir dan bergulir dg pertanian ketela pohon bibit unggul , ada semua di BIC .
Kemarin kami kedatangan Vice President IABC - Indonesia America Business Council Dr Irawan , yg berdiskusi dan mencoba mencari tahu yg ada di BIC , dimana kami tunjukkan Ecoplas, plastik ramah lingkungan dari ketela pohon , cukup surprised comment beliau , bahwa di america saja belum dimulai penggunaan plastic bag spt di carefour, indomart, hero, Alfamart dsbnya yg semuanya sudah menggunakan dan peduli dg alam , perlu kita galakkan lagi.
Ampas Pulp atau seratnya , digunakan oleh anak bangsa untuk inovasi teknologi pembuatan Kampas rem motor, yg ternyata lebih baik dari asbestos yg sebenarnya sudah dilarang karena mengakibatkan kanker.
click untuk memperbesar

Sumber : Milis BizInov


Comments