Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

KANTONG Rumput Laut

Seperti yg telah diinformasikan sebelumnya , bahwa peserta 103 inovasi yg terdatabase oleh BIC makin tajam , makin lengkap , dan makin lebih dekat dengan kebutuhan masyarakat.
Definisi Pengamat , dan Definisi Peneliti kalau dijabarkan , dari kata asalnya , mungkin sebagai hambatan dari karya teknologi yg yg ramah dengan dunia nyata - maaf guyonon yg belum tentu benar.
Peneliti , asal katanya dari teliti , berarti orang yg pekerjaannya adalah meneliti , " Saya kan peneliti " jadi meneliti terus, Juga Pengamat asal kata dari amat berarti pekerjaannya mengamati sesuatu.
Tanpa peneliti yg berfungsi juga sebagai Pengamat , rasanya dapat di logikakan hasilnya akan kurang  Seandainya sebelum melakukan penelitian , dilakukan pengamatan terlebih dahulu pasti hasilnya jauh lebih pas dan baik
Kita semua memahami kekayaan hasil pesisir laut yg terpanjang didunia ini sebenarnya begitu banyak ragamnya dan bermanfaat luas bagi ekonomi masyarakat kita, Kenyataannya dibanding negara tetangga sering kita kalah jauh dalam memanfaatkan hasil pesisir kita ini, mengapa ? perlu pengamat untuk mencarikan jawaban agar usulan atau hasilnya benar dan dapat ditindak lanjuti dg pas.
Satu produk yg dapat menjadikan unggulan dan menghasilkan devisa negara , apalagi kalau processingnya dilakukan di Indonesia , dengan nilai tambah yg berlipat , adalah budidaya Rumput laut , perlu Pengamat dan Peneliti untuk Budi daya rumput laut yg diminati negara negara lain untuk kebutuhan pengobatan , makanan dan kosmetik ini, Bagaimana agar Quantity , Quality dan Deliverynya pas dan sesuai dg market.
Pemerintah menunda larangan export rumput laut mentah , ini sangat baik, jangan seperti rotan  ( jaman dulu ), belum siap industrinya DILARANG export , akhirnya petani tdk dapat pengahasilan, dan setelah siap industrinya , malahan export dibuka, seperti jalur macet dg sistim buka tutup , yg malahan bikin macet berkepanjangan , krn tdk ada pengamat dan peneliti yg handal.
Satu karya dari pengamatan dan penelitian anak bangsa spt terlampir menghasilkan inovasi teknologi yg dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak , dimana hasil rumput laut tambah gemuk , bibit yg ditanam tdk hanyut dan panennya gampang , serta bersih yg menjadikan nilai rumput laut lebih tinggi dan menjadikan pembudidaya mendapat kan hasil yg menguntungkan secara ekonomis, asal kantong ini tdk dijual mahal dan diperhitungkan dapat dijangkau masyrakat , maka kita dapat bayangkan hasilnya akan berlipat 2 atau 3 kalinya, silahkan coba

Sumber : Milis BizInov


Comments