Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

Mobile Voice Command

Dear all.
Kemajuan dalam inovasi teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia luar biasa pesatnya , sampai kita bingung atau keteter untuk mengikutinya , khususnya dalam software, Begitu banyaknya anak bangsa yg berhasil menjadikan inovasi teknologi ini berhasil baik untuk lokal maupun luar. Prestasi 2 anak bangsa kemanca negara dg keahlian dan ide ide kreatif dalam menciptakan produk berdasarkan software sudah tdk dapat dihitung banyaknya , dan mereka jarang untuk mengikuti lomba dsbnya sehingga bagi org awam, sepertinya kita tertinggal jauh. padahal nokia, sony atau BB dan Iphone, mungkin mengambil satu atau 2 software yg dihasilkan anak bangsa.
Sayangnya kemajuan " software " tidak dibarengi dng kemajuan " hardware nya " , sedangkan Indonesia adalah negara pertama diluar US yg didevelop untuk membuat microchip di Asia tenggara, yaitu Fairchild pada th 75 an , membuat pabrik pertamanya di jl raya jkt bgr. Saya tahu itu krn kebetulan saya pada waktu itu kebagian mendapat pekerjaan membuat overhead conveyor , masih mahasiswa dg modal BONEK dan jadi dan dibayar, Tetapi begitu pabriknya mau beroperasi , disegel oleh pk Domo krn menggunakan Robot jaman itu alias automation system , yg kurang dalam kontak tangan dg orang, Logika pada waktu itu untuk pasang kaki IC kan bisa pakai org dan disolder manual , kenapa musti pakai mesin ? , saking gapteknya pejabat yg punya kekuasaan akhirnya Fairchild angkat kaki ke Malaysia .
Kembali lagi , seandainya kita mau rendah diri , meng approach pk Sehat Sutardja / Marvell Tech untuk invest di Puspiptek eh Indonesia, dan sediakan fasilitas dan kita support , jangan dia yg pusing , saya berani taruhan Bpk Sehat akan masuk dan alih teknologi terjadi. kalau hanya mengharap ayo donk invest dan pindahin pabrik no 1 nya di indonesia, dan hanya itu lalu complain kok tdk mau majukan Indonesia, yaaa ........ gak bakalan kita dpt alih teknologi dalam hardware.
Dari perkembangan teknologi per software an di Indonesia, dan peralatan Hardware import yg canggih , tumbuhlah kreativitas anak bangsa untuk menggabungkan dan mencari celah kekurangan dari kebutuhan masyarakat , maka satu karya anak bangsa seperti terlampir yaitu Mobile Voice Command , untuk perintah 2 ke hard ware dg Voice, siapa tahu nantinya kita bisa perintah " aku lapar mau Kentucky " , dalam waktu 30 menit terhidang kentucky anget dimeja kita. Terus berkarya,dan berkarya terus.


Comments