Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

NANGKADAK = Nangka Cempedak

Dear all
Sungguh kita sangat beruntung tinggal di Indonesia , begitu banyaknya tanaman , hewan , ikan ,orang, bahasa yg sangat beragam, dan tetap satu Indonesia. Banyak hal yang dapat digali dan diteliti dan seharusnya dapat dikembangkan tanpa harus mencari dari luar malah sumber kita dicari negara lain/
Studi banding dari pemerintah dn para ahli bahkan DPR dilakukan keluar negeri , perlu dan memang perlu dilakukan asal tepat guna dan disesuaikan dg alam kita di Indonesia, saya belum pernah dengar ada studi banding ke Papua ( takut kali ) , untuk mengexplore kekayaan alam maupun masyarakat Papua, padahal burung 2 terindah didunia , ada disana, malahan berita 2 dari luar negeri baik itu discovery , national geography, animal planet yg memberitahukan kita akan indahnya bagian Timur Indonesia.
Buah 2 an berlimpah jenisnya diseluruh bagian Indonesia, dg kekhususannya sangat luar biasa , dan rasa serta bentuk dan warnanya masuk ke klasifikasi EXOTIC beneran. Publikasi mengenai ini tidak ada sama sekali , dan data data yg belum lengkap hanya tersimpan di museum atau perpustakaan , dimana masyarakat dibiarkan untuk mencari sendiri , kenapa tdk ada usaha untuk publikasi yg baik dan reguler, dan juga menunjukkan kemasyarakat luas akan kekayaan Indonesia ??? , Malahan masyarakat kecil lebih tahu mengenai buah 2 an import , silahkan survey kalau tdk percaya, jeruk , apel , durian , peer , buah naga, jambu dsbnya sampai orang desapun tau. Apakah kita mau menyalahkan negara pengekspor ????? atau masyarakat yg tidak menghargai buah asli ???? , sampai kapanpun kalau mindset kita hanya menyalahkan ,maka tidak akan terjadi buah buahan  exotic kita diketahui dan dikonsumsi masyarakat kita. Lalu apa lagi salahnya ? studi banding untuk teknologi dan penelitian serta hasilnya sudah jelas ada, dan analisa maupun teori lain juga berlimpah ruah dari jaman dulu , tetap saja tidak dikenal , sederhana sekali , coba menguntungkan petani, pekebun dsbnya dan pengusaha distribusi , bagi bagi untung, khususnya konsumen yg membeli dg harga tertentu dan kualitasnya sesuai dg harganya, maka jaminan jelas , bahwa buah 2 an kita lebih enak , lebih , manis, lebih segar, lebih bagus dan lebih murah. 
Terlampir kombinasi buah nangka dan cempedak , yg di setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kelemahan , begitu disentuh para ahli dan dikombinasikan dan berhasil , maka rumus SWOTH terpenuhi diantara 2 buah tsb menjadi NAGKADAK. silahkan menikmati gambar , nyatanya perlu waktu dan berkunjung ke Mekarsari , mungkin sudah ada stok buahnya.
- BizInov

Comments