Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

Timbangan Biomass

Dear all
kalau kita balik dijaman th sebelum 1975 an , alat bantu untuk menghitung soal matematika, ada yg namanya sliderule , geser sana geser sini , ketemu hasilnya, tetapi setelah casio memelopori dg calculator, semuanya hilang begitu saja.
Slide rule fingsinya banyak , selain untuk menghitung soal , dapat digunakan oleh cewek untuk nabok/mukul cowoknya, era digital memang mengubah dunia tanpa disadari hanya dengan bahasa 0 dan 1, seakan akan isi dunia terlihat semua. 
Timbangan digital , meteran digital , semua alat ukur digiital , semua rumus matematika gak perlu lagi krn sudah disimpan dalam chip nya, tinggal pencet dan tdk perlu berkeringat langsung ketemu hasilnya.
Satu hal meteran dan timbangan konvensional saat ini masih banyak digunakan masyarakat dan ternyata tidak hilang dg kemajuan jaman
Kalau kita membayangkan Timbangan , tentunya pikiran kita , seperti lambang hukum yg ngejomplang  di Indonesia ini , Seimbang bagi masyarakat ? , ternyata hanya di awang awang 
Apalagi kalau membayangkan timbangan container , kaya apa besarnya.
Naah satu karya anak bangsa yg dalam ketekunannya ingin memudahkan ketidak praktisan dalam menghitung berat pohon atau log , diciptakan alat sederhana seperti meteran saja yg telah dibuat konversi dg rumus matematika , dimana masyarakat kecil tdk paham rumusannya, tinggal kalungkan ke batang pohon , dan lihat tabel , ketemulah per meter pohon , beratnya berapa, kelihatan sederhana tapi ruwet dalam menyederhanakan, yg lebih rumwet dan perlu dibuat rumus selanjutnya adalah neraca untuk hukum.


Comments