Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎103 Inovasi 2011‎ > ‎

TOREFAKSI SAMPAH = Bahan bakar

Inventor

Tim Peneliti Lab. Termodinamika
Pusat Rekayasa Industri ITB
Gedung PAU ITB lt. 3
Institut Teknologi Bandung,
Jl. Ganeca 10, BANDUNG - 40132

Kontak : Amrul Hamzah amrulh@yahoo.com

Dear all
Begitu banyak diantara kita yang peduli dengan Bahan Bakar alternative dan juga kebersihan , dimana makin hari kedua hal ini makin jauh dari kenyataan.
Kota makin kotor akibat sampah , bahan bakar fosil makin langka dan mahal, sedangkan kedua hal ini berhubungan secara langsung , sampah dibakar akan menjadikan energi , begitu melimpahnya sampah , baik sampah rumah tangga maupun sampah pertanian/ perkebunan yg kalau didiamkan jelas akan merusak lingkungan dan juga menghasilkan gas methane yg merusak atmosphere kita.
Orang luar mengatakan kita hidup dalam ke jorokan dan juga tdk mempunyai teknologi untuk memproses sampah menjadi energi atau yang lain yg bermanfaat lebih, sehingga lingkungan bersih.
Kenyataannya begitu banyak Inovasi teknologi yg telah dihasilkan anak bangsa dalam memproses sampah yg ada di lingkungan kita, apakah itu untuk menjadikan plastik bekas dijadikan tas atau didaur ulang , atau sampah organik dijadikan biofuel/mass
Sering kita menganggap sampah itu gratis, sehingga dalam pengembangan teknologi ke industri , tidak akan feasible, atau menganggap sampah terkumpul tanpa transport , sehingga costnya tdk dihitung dalam perencanaannya, akibatnya sama saja tdk dapat bersaing dan dikembangkan.
Yang lebih dan sangat mempengaruhi pengolahan sampah menjadi sumber energi baru , adalah memerlukan energi listrik untuk penggerak mesin yg seharusnya lebih murah per KWHnya ( +/- Rp 800 / KwH ) dibandingkan hasil proses sampah tsb yg setara dg KwH listrik , apabila lebih mahal maka semua usaha akan macet dan hanya dapat dijadikan ilmu pengetahuan saja. , ruwet dan sangat sulit dalam penanganannya karena menyangkut segi bisnis yg menjadi faktor utama  untuk berkelanjutan , Mungkin yg perlu disesuaikan kapasitas nya yg setara dg lokasi per sampahan disuatu tempat dan dirancang dg murah dan pas.
Salah satu karya inovasi teknologi anak bangsa , yg menjadikan sampah menjadi bahan bakar berkalori tinggi setara dg batu bara seperti terlampir


Comments