Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Entrepreneurship (Kewirausahaan)‎ > ‎Referensi‎ > ‎Kliping Artikel‎ > ‎

Building Your Thinking Power: The Power of Ideas

Di awal tahun 2011, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) mengggelar Seminar Series edisi perdana yang berlangsung Jum'at (14/01) , bertempat di Ruang Chevron Gedung Dekanat FT UI Kampus Depok , menampilkan Prof. Dr.Ir .Riri Fitri Sari, MM, M.Sc dengan tema Building Your Thinking Power: The Power of Ideas.

Menurut Victor Hugo, ada satu hal yang lebih kuat dari semua tentara yang ada di muka bumi ini, yaitu ide yang datang tepat pada waktunya. Ide mampu mengubah dunia, dengan memunculkan ide-ide baru berarti memberikan kontribusi yang penting bagi masyarakat dan memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat secara efektif. Untuk memproduksi ide-ide baru, diperlukan beberapa prinsip berfikir kreatif atau creative thinking. Ada pendapat yang beredar di masyarakat yang menyebutkan kemampuan berfikir kreatif (creative thinking) hanya dimiliki oleh sebagian orang yang di berikan bakat tertentu, pendapat tersebut keliru, creative thinking merupakan sebuah kemampuan yang dapat dipelajari (learned skill).

Beberapa prinsip-prinsip dalam creative thinking yang perlu diketahui diantaranya: berfikir secara variatif (divergent thinking), menunda pengambilan keputusan (suspended judgement), serta penerimaan (acceptance) terhadap ide-ide baru yang masih belum matang. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan creative thinking ada juga latihan-latihan lainnya seperti mengembangkan imaginasi, memikirkan pilihan-pilihan yang memungkinkan, memikirkan kesempatan-kesempatan yang mungkin diraih, melatih dugaan kreatif, melakukan senam mental, membuat kombinasi-kombinasi, serta brainstorming. Kesimpulannya, creative thinking merupakan sesuatu yang menarik, menyenangkan, berguna dan penting dalam semua aspek kehidupan manusia. Dengan seringnya menstimulasi otak, akan membuka potensi kita sebagai pemikir yang kreatif dan menjadi pemecah masalah yang handal.(RGA)

Sumber : www.ui.ac.id


Comments