Home‎ > ‎Topik‎ > ‎Lingkungan (Environment)‎ > ‎Air (Water)‎ > ‎Air Tanah‎ > ‎Kliping‎ > ‎Kliping Berita / Artikel‎ > ‎

Pemompaan Air Tanah Harus Perhatikan Lapisan Batuan dan CAT

SEMARANG. Saat ini, di beberapa tempat di Indonesia terjadi ketidakseimbangan antara ketersediaan air tanah yang cenderung menurun sementara di sisi lain kebutuhan air tanah justru semakin meningkat. Dalam kondisi demikian, diperlukan perencanaan pendayagunaan air tanah yang baik.

“Selain penghematan, pemompaan air tanah juga harus memperhatikan ketersediaannya dalam lapisan batuan dan cekungan air tanah (CAT),” ujar Menteri ESDM dalam Lokakarya “Pendayagunaan Air Tanah Berbasis Cekungan Air Tanah” di Gedung Prof Sudarto, Universitas Diponegoro Semarang (27/6).

Menteri menegaskan, pengambilan dan penggunaan air tanah harus dengan izin dan mengutamakan hak masyarakat banyak serta mengindari kegiatan yang dapat menimbulkan degradasi air tanah, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Di berbagai kota besar dan kawasan industri yang pengambilan air tanahnya tinggi seperti Jakarta, Bandung, Semarang serta Medan, perubahan pada cekungan air tanah yang terjadi tidak hanya penyusutan cadangan air tanah, tetapi juga diikuti oleh kerusakan lingkungan seperti amblesan tanah (land subsidence) dan intrusi air laut di daerah pantai. 

Untuk itu, lanjut Menteri ESDM, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mencegah dampak tersebut. Pertama, dengan melindungi daerah imbuhan air tanah untuk mencegah terjadinya penurunan pembentukan air tanah. Kedua, mengendalikan pengambilan air tanah di daerah lepasan (groundwater discharge area) untuk mencegah penurunan ketersediaan air, disamping pendayagunaan air tanah seefektif dan seefisien mungkin dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. Ketiga, mengelola kualitas air dan pengendalian pencemaran air secara terpadu. Dan keempat, terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya mengelola air tanah yang berorientasi pada kelestarian lingkungan.

Sumber : http://www.esdm.go.id/berita/geologi/42-geologi/2667-pemompaan-air-tanah-harus-perhatikan-lapisan-batuan-dan-cat.html


Comments