Antisipasi Banjir, Sampah di Kali Baru Diangkut

KRAMATJATI (Pos Kota) – Guna mengantisipasi terjadinya banjir, Sudin Kebersihan Jakarta Timur menggelar aksi pembersihan sampah di sepanjang Kali Baru yang menyusuri Jalan Raya Bogor, tepatnya mulai depan pabrik Kiwi, Kelurahan Pekayon hingga Pasar Induk Kramatjati, Sabtu (7/5).

Sebanyak 15 ton sampah berhasil diangkut petugas dari 38 titik lokasi pembuangan sampah (LPS).

Menurut Kasudin Kebersihan Jakarta Timur, Iwan Sa’ali, sampah di sepanjang bantaran Kali Baru tidak hanya dibuang warga sekitar, namun juga oleh para pengguna jalan dari daerah Depok dan Bogor.

Terutama para pengendara motor. Mengingat, Jalan Raya Bogor merupakan akses menuju kedua wilayah tersebut.

“Aksi bersih-bersih bantaran Kalibaru dan trotoar di Jalan Raya Bogor ini diadakan dalam rangka memberikan pembelajaran pada masyarakat. Diharapkan masyarakat tak lagi membuang sampah sembarangan,” tandasnya.

Sebab, katanya, selama ini sampah di bantaran kali tersebut dibiarkan menumpuk begitu saja. “Unit terkait, seperti PU Air dan Sudin Pertamanan, yang semestinya bertindak pun tidak melakukan apa-apa dan membiarkan sampah itu menggunung begitu saja hingga menebar aroma tak sedap.”

Selanjutnya, untuk mencegah sampah kembali dibuang di lokasi yang sama, pihaknya segera menggandeng Satpol PP, terutama untuk penegakan hukumnya.

Sehingga mereka yang masih membuang sampah sembarangan, dapat dikenai sanksi tegas. Dasar hukum yang diterapkan adalah UU No 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda nomor 1/2001 tentang Larangan Pembuangan Sampah.

Kasie Penanggulangan Sampah Sudin Kebersihan Jakarta Timur, Soebiandono, memaparkan, untuk mengangkut sampah-sampah itu, pihaknya mengerahkan 35 petugas kebersihan dengan mendatangkan tiga unit truk besar dan lima mobil pick up.

“Kami berharap masyarakat dapat tergugah kesadarannya untuk tidak membuang sampah lagi di tempat-tempat terlarang itu. Kami pun akan selalu mengawasi dan secara rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih seperti ini setiap bulan.” (yulian/dms)

Sumber  :

http://www.poskota.co.id/megapolitan/2011/05/07/antisipasi-banjir-15-ton-sampah-di-bantaran-kali-baru-diangkut


Comments