Kali Cipinang Meluap, Pasar Rebo Tenggelam

WartaNews, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah Depok, Bogor, dan sebagian wilayah Jakarta Timur, mengakibatkan warga di sebagian bantaran Kali Cipinang dan Kali Baru terbenam banjir setinggi lutut orang dewasa hingga satu meter.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan berdasarkan informasi dari warga, banjir disebabkan adanya penyempitan saluran kali di hulu.

"Katanya itu banjir akibat penyempitan saluran air di hulu," jelas Foke, saat inspeksi mendadak, di Pekayon, Pasar Rebo, Kamis (1/11).

Menurutnya bila itu benar, maka pihaknya segera akan memperbaiki saluran air. "Kita akan perlebar hulu sungainya," terangnya.

Lain halnya dengan Mila (32), warga Rw 02, Pekayon, air meluap dikarenakan pembuangan air difokuskan pada satu saluran saja. "Saluran air yang satu sedang diperbaiki, jadi pembuangan hanya fokus pada satu saluran saja," paparnya.

Dalam sidaknya Foke datang sekitar pukul 23.00 dan sempat berbincang dengan warga yang menjadi korban.

Hujan deras yang mengguyur dari pukul 19.00 - 20.00 menyebabkan meluapnya Kali Cipinang. Bahkan di Kecamatan Pasar Rebo, tepatnya di Kelurahan Pekayon terdapat sekitar 3 Rw, yaitu Rw 02, Rw 09, dan Rw 01 yang terendam banjir.

Banjir terparah di Rw 02 yang meredam 5 Rt. Warga di Rw 02 terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih tinggi di Rw 02 Rt 09.

Untuk mengatisipasi ini, Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Timur telah menyiapkan satu unit mobil pemadam, sedangkan Satpol PP Jakarta Timur menyiapkan satu buah perahu karet. (*/js)


Comments