LECA, Light Expanded Clay (tanah liat yang dipadatkan)

LECA ini sepertinya agak sulit dicari, saya sendiri sudah bertanya ke beberapa toko (Baru 2 sih .. :), tukang akuarium dan tanaman hias), mereka tahu namanya saja tidak :D. 
Mencari di salah satu toko online yg terkenal tidak dapat, ketemunya di indonetwork [1], dan ini pun baru 1 pemasok. Harga yang ditawarkan di [1] adalah Rp. 25.000,-/Liter. 

Mendapat informasi di Group Akuaponik Indonesia [3], ada yg menawarkan LECA dengan harga Rp. 25.000/2 liter, yaitu di Tani Sugih Bandung No Telepon 022 4204278 / 421978.


Jika Sahabat ada yang mengetahui pemasok Hydroton yang lain, mohon dengan sangat untuk mengirimkan informasi lengkapnya ke alamat email : info@negeripelangi.com

Apakah Kita dapat membuat LECA sendiri ? Sepertinya sulit dan sangat tidak efisien jika tidak diproduksi secara massal, karena LECA dibuat pada tungku berputar yang bersuhu 1200 derajat celcius! [2] :), Sahabat bisa menggenerate suhu segitu besarnya secara efisien di perkarangan belakang rumah ? :D. 

Jika Sahabat tetap menggunakan tanah liat agar tanaman pada sistem Akuaponik tidak mudah rebah, bisa menggunakan tanah liat sebagai lapisan atas 'grow beds', jadi lapisan atas tanah liat, dan bawahnya bisa menggunakan batu kerikil [2].

Referensi 

  1. Sumber Makmur, Pemasok Hydroton (LECA/Light Expanded Clay), http://indonetwork.co.id/sumber_makmurbiz/prod
  2. Making your own clay pebbles-possible?, http://www.aquaponics.net.au/forum/showthread.php?t=1019
  3. Hydroton, https://www.facebook.com/groups/210254725780739/

Comments