Teknologi Akuaponik


AKUAPONIK
Teknik aquaponik merupakan perpaduan budi daya ikan dan pemeliharaan tanaman produktif (Integrated farming). Tanaman produktif ditanam dalam beberapa buah pot yang diletakkan secara berjejer di atas pematang kolam mengelilingi bibir kolam. Media tanam yang digunakan dalam pot adalah kerikil atau arang. Kerikil berfungsi untuk menyaring air kolam dan digunakan sebagai media tanam untuk tanaman yang tumbuh tinggi, seperti tomat dan cabai. Sementara itu, arang digunakan untuk  tanaman yang tumbuh tidak terlalu tinggi, seperti kangkung dan bayam. Jenis tanaman lain yang bisa ditanam dengan system ini adalah selada air, paprika, terung dan bunga sedap malam. Pastikan jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman yang produktif yang masa panennya cepat.

Cara membuat akuaponik:
1.    Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, yakni beberapa pot plastik, pipa paralon ukuran 0,5 inchi dan pompa air (water pump).
2.    Selanjutnya, lubangi pot-pot di dekat dasar pot untuk memasang pipa kecil sebagai saluran pengeluaran air. Setelah pipa dipasang di dalam pot, letakkan wadah kecil tepat di ujung pipa yang berada di dalam pot. Wadah ini berfungsi agar pipa tidak tersumbat oleh kerikil.
3.    Setelah itu, pot diisi dengan tanaman produktif dan diletakkan di atas dinding kolam dengan jarak yang disesuaikan dengan luas kolam.
4.    Rangkai pipa-pipa hingga hampir menyerupai kotak dan lubangi pipa agar tepat di atas pot. Ujung pipa disambung dengan pipa yang lain secara vertikal. Ujung pipa dihubungkan dengan pompa air dan ujung lainnya ditutup.
5.    Pasang rangkaian pipa di pinggir kolam dengan ujung pipa yang terpasang pompa air berada di dalam air dan rangkaian pipa berada di atas pot.
6.    Air yang dialirkan pompa air akan jatuh tepat di atas pot. Air akan kembali keluar setelah melalui pot tersebut. Tanaman akan tetap hidup karena banyaknya unsur hara yang terdapat di dalam kolam dan air kolam juga akan terus terjaga kebersihan dan kesegarannya setelah disaring. (BP3K Wilayah Cibinong)

Sumber : http://bp4k.bogorkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=249&Itemid=232



Comments